Jasa Pembuatan Peta Daerah Aliran Sungai (DAS)

Categories:blog

Daerah Aliran Sungai

Jasa Pembuatan Peta Daerah Aliran Sungai (DAS)

Jasa Pembuatan Peta Daerah Aliran Sungai (DAS). Daerah Aliran Sungai (DAS) adalah daerah yang di batasi punggung-punggung gunung dimana air hujan jatuh pada daerah tersebut akan ditampung oleh punggun gunung tersebut dan akan darikan melalui sungai-sungai kecil ke sungai utama (Asdak,1995).

Kami melayani jasa pembuatan peta Daerah Aliran Sungai (DAS) untuk berbagai keperluan hubungi kami di 082399429904 atau Lewat WA dengan Cara KLIKDISINI

Fungsi utama DAS adalah sebagai hidrologis, di mana fungsi tersebut sangat dipengaruhi oleh jumlah hujan, geologi dan bentuk tanah. Fungsi hidrologis yang terlibat meliputi kemampuan daerah aliran sungai untuk mengalirkan air, mengurangi kejadian puncak hujan, secara bertahap melepaskan air, menjaga kualitas air, dan mengurangi pembuangan massa (seperti tanah longsor). Karena fungsinya, daerah resapan air dibagi menjadi tiga bagian yaitu:

  1. DAS bagian hulu dapat ditunjukkan oleh kondisi tutupan vegetasi, kualitas air, kemampuan untuk menyimpan air (limpasan) dan hujan. Dicirikan sebagai daerah dengan lanskap pegunungan dengan variasi topografi, curah hujan deras, dan sebagai kawasan lindung untuk melestarikan lingkungan daerah aliran sungai sehingga tidak terpengaruh. DAS bagian hulu penting, terutama yang berkaitan dengan melindungi fungsi sistem air. Oleh karena itu, setiap kegiatan di daerah hulu mempengaruhi daerah hilir dalam bentuk perubahan fluktuasi aliran dan pengangkutan sedimen dalam sistem aliran air.
  2. DAS Bagian Tengah didasarkan pada fungsi menggunakan air sungai yang dikelola untuk memberikan manfaat bagi kepentingan sosial dan ekonomi. Hal ini dapat ditunjukkan antara lain, dengan jumlah air, kualitas air, pasokan air dan pasokan air.Kemampuan untuk menyalurkan air dan air tanah dan terkait dengan infrastruktur irigasi seperti sungai, waduk dan danau.
  3. DAS bagian hilir didasarkan pada fungsi penggunaan air sungai yang mampu memberikan manfaat untuk kepentingan sosial dan ekonomi, seperti kuantitas dan kualitas air, kemampuan untuk melakukan air. Mengingat jumlah curah hujan dan dalam kaitannya dengan kebutuhan pertanian, pengelolaan air bersih dan air limbah, daerah hilir adalah daerah yang relatif sensitif dengan lebih sedikit curah hujan.

Bentuk Das dibagi kedalam beberapa bentuk:

  1. DAS Berbentuk Memamnjang

Biasanya induk sungainya akan memanjang dengan anak-anak sungai langsung mengalir ke induk sungai. Terkadang berbentuk seperti bulu burung. Bentuk ini biasanya menghasilkan aliran banjir yang relatif kecil karena saluran air banjir berbeda dengan anak-anak sungai. Tapi biasanya ombak berlangsung sedikit lebih lama.

  1. DAS berbentuk Radial

Bentuk ini karena arah aliran tampaknya berpusat pada suatu titik, jadi itu adalah bentuk radial. Terkadang gambar menghasilkan bentuk kipas atau lingkaran. Karena modul ini, dibutuhkan waktu yang hampir lama bagi sungai untuk datang dari semua anak sungai. Apabila terjadi hujan yang sifatnya merata di seluruh DAS akan menyebabkan terjadinya banjir besar.

  1. DAS Berbentuk Paralel

DAS ini dibentuk oleh dua garis DAS yang menghubungkan hilir. Ketika banjir terjadi di daerah hilir, biasanya terjadi di bawah titik pertemuan.

  1. DAS Berbebentuk Komplek

Merupakan bentuk kejadian gabungan dari beberapa bentuk DAS yang dijelaskan di atas.

Kami mela

Kami melayani jasa pembuatan peta Daerah Aliran Sungai (DAS) untuk berbagai keperluan hubungi kami di 082399429904 atau Lewat WA dengan Cara KLIKDISINI

No Responses

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *